Rahasia Dibalik Kesuksesan Italia Merajai Eropa 2020

Mesin Penghasil Uang Otomatis

Roberto Mancini kunci dibalik kesuksesan Italia merajai eropa 2020
Roberto Mancini saat berhasil menjuarai Euro 2020 - UEFA

Gol cepat Luke Shaw di menit kedua pada final Euro 2020Euro 2020 hari Minggu kemarin adalah pukulan yang sangat keras yang bisa saja menjatuhkan kepercayaan diri Italia. Itu bisa menyebabkan lebih sakit hati lagi. Tapi tim ini ditempa melalui kesulitan. Satu gol pun tak akan pernah merusak momen ini.

Untuk memenangkan Euro 2020, Azzurri bagaikan berjalan diatas api. Kembali ke 13 Nov 2017 silam, malam ketika Italia melewatkan Piala Dunia 2018. Penyelidikan dimulai di semua tingkat kehidupan, merobek dan mencabik-cabik seluruh jiwa rakyat untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mustahil ini.

Bagaimana bisa sesuatu seperti ini terjadi?

Jika Italy tidak bisa menghadapi kenyataan sebelumnya, kenyataan bahwa mereka telah kehilangan relevansi dalam salah satu dari beberapa pengejaran yang menyatukan mereka, itu seperti pukulan keras bagi mereka pada malam naas di Milan, ketika hasil imbang tanpa gol melawan Swedia membuat negara itu tersingkir dari turnamen paling favorit di dunia.

Kemudian sesuatu berubah ketika Roberto Mancini datang untuk mengambil alih kursi kepelatihan Italy pada Mei 2018. Melihat dan memelihara potensi yang diabaikan pelatih sebelumnya. Dia meninjau mungkin ada yang lain dan lebih baik dari cara bermainnya. Italia tidak perlu melindungi keunggulan 1-0 untuk menang, bukan dengan melalui kualitas pemain yang datang.

Kubu Mancini melanjutkan untuk mendominasi pertandingan. Tim ini meronta-ronta yang seharusnya bisa dihancurkan. Itu tidak memberikan gratisan untuk sepakbola internasional. Ini menunjukkan rentetan kejam terhadap orang-orang seperti Liechtenstein dan Armenia yang belum pernah ditunjukkan Italia sebelumnya, dan kepercayaan diri tumbuh dalam sebuah program dan tim yang telah kehilangan begitu banyak dari itu.

Kemudian beberapa kemenangan telak menghampiri, Italia tidak terlihat seperti dulu lagi tetapi seperti sesuatu yang baru sepenuhnya. Tidak perlu bermain defensif untuk menjadi sukses lagi. Italia bisa mencetak gol dan bermain dengan mendominasi penguasaan bola dan itu masih bisa bertahan ketika situasi membutuhkan ketenangan. Kecuali bertahan hanya akan menjadi pilihan, bukan kebutuhan, dan itu adalah pilihan yang layak juga. Dengan pemain veteran seperti Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci yang diharapkan bisa menularkan segudang pengalamannya kepada pemain lainnya.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari pemain sayap seperti Federico Chiesa dan Lorenzo Insigne serta gelandang energik seperti Marco Verratti dan Nicolo Barella, Mancini memberikan mereka kebebasan untuk menunjukkan gaya bermainnya. Membelenggu atau memaksa mereka untuk masuk ke dalam beberapa sistem yang kaku hanya akan membahayakan perkembangan mereka. Preferensi Mancini untuk sepakbola menyerang adalah pilihan yang berakar pada pragmatisme daripada idealisme.

Dia hanya memastikan bahwa dia tidak menghalangi. Pendahulunya Gian Piero Ventura dan Antonio Conte menancapkan pemain tua dan membatasi pemain ke dalam formasi tetap, dengan harapan hanya untuk mendapatkan hasil. Itu berhasil di Euro 2016, ketika Conte mengandalkan taktik yang baik untuk membawa tim melaju ke perempat final. Tetapi penyalahgunaan pemain yang secara terang-terangan dilakukan Ventura terhadap Insigne yang tetap berada di bangku cadangan sepanjang pertunjukan melawan Swedia, meninggalkan bekas luka yang membutuhkan penyembuhan begitu lama.

Kesebelasan Mancini jarang mengikuti cetak biru tertentu. Full-back bermain seperti pemain sayap. Gelandang bisa mencetak gol. Bola adalah sesuatu untuk dihargai, bukan untuk dipukul di luar batas.

Jika dia adalah seorang ideolog yang keras kepala, maka dia akan memaksa para pemainnya untuk mengadopsi prinsip serangan balik konservatif yang membawa kesuksesan di awal karir kepelatihannya. Dia memenangkan trofi bersama Inter Milan dan Manchester City bukan hanya mengandalkan keburuntungan, tetapi dengan penampilan yang terukur.

Sebaliknya, ia beradaptasi dengan tim yang dimilikinya, dan Italy mulai menang lagi. Azzurri tidak terkalahkan selama 33 pertandingan, hingga mencapai final hari Minggu kemarin. Dan dengan perpaduan luar biasa antara kecemerlangan dalam menyerang, ketenangan lini tengah, dan soliditas bertahan, mereka bisa mengalahkan Inggris 3-2 lewat babak adu penalti di Stadion Wembley. Chiesa menciptakan peluang demi peluang, gelandang Verratti dan Jorginho sering bermanuver keluar dari posisi hanya untuk menjaga permainan tetap pada tempo mereka.

Semua orang di tim bermain untuk satu sama lain, dan itu adalah harapan pelatih sejak awal. Manajer menjalin ikatan erat dengan pemain yang dibentuknya pada tahun 2018, dan sebagai anggota non-bermain dari skuad Piala Dunia 1990 Italy, ia memastikan tidak ada yang akan merasa dikucilkan seperti dulu.

Jadi dalam pertemuan babak penyisihan grup terakhir melawan Wales, pria berusia 56 tahun itu memberikan kesempatan kepada pemain yang belum tampil di turnamen ini. Kiper Salvatore Sirigu, gelandang Gaetano Castrovilli, dan pemain depan berusia 21 tahun Giacomo Raspadori ikut bermain selama beberapa menit dalam permainan yang sebenarnya tidak penting, hanya agar mereka bisa mengambil bagian dalam sesuatu hal yang istimewa.

Rasa kebersamaan itu menggerakkan Italia sepanjang empat pertandingan sistem gugur yang sangat melelahkan. Itu menggali jauh di babak perpanjangan waktu untuk mengalahkan Austria sebelum menyangkal upaya comeback Belgia dan menaklukkan Spanyol melalui adu penalti. Kepercayaan Italia tumbuh dengan setiap hasil.

Itu sebabnya gol Luke Shaw pada hari Minggu hanyalah sebuah kedipan, bukan merupakan pukulan yang telak. Itu adalah tes yang telah dilalui Italy sebelumnya. Bahkan ketika sekitar 60.000 penonton mencemooh setiap sentuhannya, tim mendapatkan kembali keseimbangannya, mengendalikan lebih banyak bola, dan permainan.

Gianluigi Donnarumma berhasil menggagalkan dua tendangan penalti Inggris pada Final Euro 2020
Gianluigi Donnarumma berhasil menggagalkan dua tendangan penalti Inggris - UEFA

"Anda semua tahu dari mana kami mulai," kata kiper Gianluigi Donnarumma, yang berhasil menyelamatkan dua tendangan penalti Inggris, kepada Rai Sport setelah pertandingan. "Gol awal itu bisa saja membunuh kami, tetapi itu bukan siapa kami. Kami adalah orang-orang yang tidak pernah menyerah." (thescore)

Posting Komentar

0 Komentar

Mesin Penghasil Uang Otomatis